Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vibhuti Marga - Diktat Pembelajaran 2 Agama Hindu SMK Kelas XI Semester genap

Ajaran Vibhuti Marga
Ajaran Vibhuti Marga
PEMBELAJARAN 2
Vibhuti Marga

       “Ud vayaṁ tamataspari jyatis paṡyanta uttaram,
       Dewaṁ devatrā sūryam aganma jyotir uttamam”
Terjemahannya:
       “Dengan memandang sinar suci di luar alam gelap,
       kami sampai pada Sūrya, Dewata utama (tertinggi),
       sinar yang amat bagus” (Rg Veda I. 50. 10).


A. Pengertian dan Hakikat Vibhuti Mãrga
          Tuhan dalam keadaan tanpa sifat disebut nirguna atau sunya. Nirguna atau sunya adalah istilah yang digunakan untuk memahami hakikat Tuhan dalam keadaan hukumnya semula. Dalam ilmu filsafat dikatakan sebagai keadaan alam transendental. Transendental adalah sesuatu yang berada di luar lingkaran kemampuan pikir. Kalau diibaratkan fikiran itu mempunyai batas seperti lingkaran, segala yang ada di luar lingkaran dinamakan dalam alam transendental. Kitab Brahma Sutra memberi keterangan tentang aspek transendental itu dengan kalimat sebagai berikut.



       ‘Tad adwyaktm, Aha hi’ artinya sesungguhnya Tuhan itu yang tak terkatakan. Menggambarkan keagungan sifat-sifat Tuhan itu merupakan ajaran dari Vibhuti Marga.
Vibhuti Mārga berasal dari bahasa Sansekerta. Kata (Vibhu - ti) Vibhu ...(adjective): hadir di mana-mana; kekal; mengembang seluas-luasnya; kuat.
         ...(masculine): yang kuasa; yang maha kuasa; Brahman. Mārga ...(masculine : jalan; saluran; cara; gaya. Vibhuti mārga : Jalan atau cara – Brahman (Kamus Kecil Sansekerta – Indonesia, hal. 174 - 224).
Vibhuti Mārga berarti kebesaran dan kemuliaan Tuhan yang dihayati oleh para Maha Rsi melalui spiritual. Vibhuti Marga adalah penghayatan terhadap kebenaran dan kemuliaan Tuhan yang dihayati oleh para maharesi melalui spiritual yang kemudian penghayatannya dilukiskan dalam bentuk puisi sebagai rasa kekagumannya. Hakikat utama ajaran Vibhuti Marga adalah memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan persoalan-persoalan yang muncul mengenai sifat-sifat Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa yang transendental atau di luar alam indra.
     Penggambaran sifat-sifat mulia dan agung dari Tuhan yang melebihi dari segala yang ada merupakan ajaran Vibhuti Marga. Dalam ajaran ini dilukiskan sifat-sifat agung dari Tuhan seperti dewa dari semua dewa, maha bijaksana, maha mengetahui, maha adil, maha tinggi dan sebagainya. Semuanya ini adalah bentuk dari ajaran Vibhuti Marga. Kesadaran spiritual dalam penghayatan terhadap keagungan Tuhan yang dirasakan oleh seorang Maha Rsi di mana kekagumannya ini dilukiskan dengan suatu puisi yang bersifat abstrak yang mengandung makna moral yang digubah dengan begitu indahnya sehingga puisi itu bernilai sangat tinggi.
       Sumber yang digunakan untuk melukiskan segala keindahan itu adalah sinar. Oleh sebab itu sinar menjadi objek utama dan sangat dikagumi oleh para pujangga, sehingga akhirnya sinar menjadi simbul keindahan dan kemuliaan jiwa. Sinar merupakan simbol kebenaran, gambaran hukum Rta, kebaikan, kemuliaan, keindahan akal budi dan sebagainya. Dewa Agni sebagai dewa keagungan, dan sumber sinar. Maka ia dipuja sebagai yang berkilauan, memancarkan sinarnya ke bumi, ke langit, ke laut dan memberikan kehidupan pada semua makhluk.

B. Penerapan Vibhuti Marga dalam Kehidupan
Perenungan
“Tam insanām jagatattasdhusas pati ghiyam jinvār avase humahe vayam pusa no yatha vedasā masad vrghe raksita payuradacvah svataye”
Terjemahannya adalah.
“Ya, Yang Mahakuasa, dewa bagi yang bergerak dan yang tidak bergerak, yang mengilhami pikiran, kami mohon pertolongan. Semoga Tuhan, pelindung kami dan yang menjaga kami, yang tak terkalahkan, lipat gandakanlah kekayaan kami untuk kesejahteraan kami” (Åg Veda I.89-5).
     Apakah pemujaan itu sekadar menangkup tangan, atau sekadar mengucapkan doa dan lagu sanjungan? Ataukah sekadar memikirkan tentang Tuhan. Apakah pemujaan itu berarti penghormatan yang mungkin bersifat duniawi? Hal ini tidak pernah dijelaskan dengan tepat. Sekadar sujud saja belum berarti memuja. Begitu pula sekadar menyanjung dalam lagu dan nyanyian belum tentu memuja.
Banyak nyanyian yang kita dengar dalam upacara keagamaan atau dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini bukan pemujaan atau ini juga adalah pemujaan. Manusia melagukan nyanyian-nyanyian tentang kebahagiaan, tentang cinta, tentang penderitaan. Semuanya adalah kata hati yang digambarkan. Kita melagukan kebesaran Tuhan, berarti kita menyanyikan tentang kemuliaan Tuhan. Pendeknya banyak yang kita dengar dan kita lakukan. Kita menghormati dan sujud kepada orangtua, kita hormat kepada para pendeta. Semuanya juga berarti macam-macam. Untuk memperingati atau menghormati jasa seseorang kita mencontoh dan menggambarkan semua perjuangan atau tingkah laku orang yang kita agung-agungkan itu. Ini penghormatan atau pemujaan.
         Bahasa manusia terlalu terbatas untuk menggambarkan arti kata pemujaan yang sebenarnya. Yang terpenting dalam pemujaan adalah sifat menyerahkan diri sepenuh hati kepada yang dipuja. Jadi sifat bhakti dan dengan menghubungkan diri kepada yang dipuja. Menghubungkan diri artinya melakukan yoga. Yoga berasal dari kata Yuj dan dari kata itu kemudian lahir kata yoga. Cara melakukan hubungan inilah yang disebut sembahyang, atau memuja menurut bahasa Sansekerta.
        Kitab Rg. Veda X.71. mengemukakan ada empat jalan atau cara yang dapat dilakukan oleh manusia untuk sampai kepada Tuhan. Keempat cara atau jalan (Marga) itu disebutkan sebagai berikut.
  • Dengan cara menyanyikan lagu-lagu pujaan.
  • Dengan cara mempelajari dan mengenal Tuhan kemudian mengajarkannya. c. Dengan cara melakukan yajna dan memenuhi aturan yang digariskan.
  • Dengan cara membaca doa-doa mantra.
  • Keempat cara itulah yang mula-mula telah dikemukakan yang lazim dilakukan oleh orang-orang pada waktu itu.
Dari ajaran itu kemudian dikembangkan menjadi beberapa marga (yoga) yang kita kenal berikut ini.


 1. Ajaran Bhakti Marga (Yoga)
        Bhakti merupakan kasih sayang yang mendalam kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang merupakan jalan kepatuhan atau bhakti. Bhakti Yoga disenangi oleh sebagian besar umat manusia. Tuhan merupakan pengejawantahan dari kasih sayang, dan dapat diwujudkan melalui cinta kasih seperti cinta suami kepada istrinya yang menggelora dan menyerap segalanya. Cinta kepada Tuhan harus selalu diusahakan. Mereka yang mencintai Tuhan tak memiliki keinginan ataupun kesedihan. Ia tak pernah membenci makhluk hidup atau benda apa pun, dan tak pernah tertarik dengan objek-objek duniawi. Ia merangkul semuanya dalam dekapan tingkat kasih sayangnya.
2. Ajaran Jnana Marga (Yoga)
      Jñanayoga merupakan jalan pengetahuan. Pelajar Jñanayoga pertama-tama melengkapi dirinya dengan tiga cara yaitu: (1) pembedaan (viveka), (2) ketidakterikatan (vairagya), (3) kebajikan, ada enam macam (sat-sampat), yaitu: (a) ketenangan (sama), (b) pengekangan (dama), (c) penolakan (uparati), ketabahan (titiksa), (d) keyakinan (sraddha), (e) konsentrasi (samadhana), dan (f) kerinduan yang sangat akan pembebasan (mumuksutva). Selanjutnya ia mendengarkan kitab suci dengan duduk khusuk di depan tempat duduk (kaki padma) seorang guru yang tidak saja menguasai kitab suci Veda (Srotriya), tetapi juga bagus dalam Brahman (Brahmanistha). Selanjutnya para siswa melaksanakan perenungan, untuk mengusir segala keragu- raguan. Kemudian melaksanakan meditasi yang mendalam kepada Brahman dan mencapai Brahma-Satsakara. Ia seorang Jivanmukta (mencapai moksa, bersatu dengan-Nya dalam kehidupan ini.
3. Ajaran Vibhuti Marga (Yoga)
       Vibhuti Marga (Yoga) merupakan jalan penghayatan terhadap kebesaran dan kemuliaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dengan berbagai sinar-Nya sebagai simbol keindahan, kemuliaan jiwa, kebenaran, Rta, kebaikan, kebahagiaan, kekekalan, Tuhan dan lain-lain melalui jalan spiritual (pemikiran) oleh para Maharsi guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan umatnya. Vibhuti Marga adalah penghayatan terhadap kebenaran dan kemuliaan Tuhan yang dihayati oleh para maharesi melalui spiritual yang kemudian penghayatan tersebut dilukiskan secara lahiriah dalam bentuk puisi sebagai rasa kekagumannya.
4. Ajaran Karma Marga (Yoga)
       Karmayoga adalah jalan pelayanan yang membawa pencapaian menuju Tuhan melalui kerja tanpa pamrih. Yoga ini merupakan penolakan terhadap buah perbuatan. Karmayoga mengajarkan bagaimana bekerja demi untuk kerja itu, yaitu tiadanya keterikatan. Demikian juga bagaimana menggunakan tenaga untuk keuntungan yang terbaik. Bagi seorang Karmayogin, kerja adalah pemujaan, sehingga setiap pekerjaan dialihkan menjadi suatu pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Seorang Karmayogin tidak terikat oleh karma (hukum sebab akibat), karena ia mempersembahkan buah perbuatannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5. Ajaran Raja Marga (Yoga)
       Rajayoga adalah jalan yang membawa penyatuan dengan Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengekangan diri, pengendalian diri, dan pengendalian pikiran. Rajayoga mengajarkan bagaimana mengendalikan indra-indra dan vritti mental atau gejolak pikiran yang muncul dari pikiran melalui tapa, brata, yoga dan samadhi. Dalam Hatha Yoga terdapat disiplin fisik, sedangkan dalam Rajayoga terdapat disiplin pikiran. Raja Marga Yoga hendaknya dilakukan secara bertahap melalui Astāngga yoga yaitu delapan tahapan Yoga, yang meliputi yama, niyama, asana, pranayama, pratyahara, dharana, dhyana, dan samadhi.
         Yang terpenting dalam pengertian cara sembahyang itu ialah keharusan agar seorang yang hendak sembahyang harus dalam keadaan suci dan baik. Suci dan baik tidak hanya suci karena mandi saja tetapi juga suci karena tingkah laku. Dalam Manu Smrti dikemukakan sebagaimana hal-hal berikut.
  1. Pikiran yang kotor dan tidak baik harus diperbaiki dan disucikan dengan membaca-baca mantra atau kitab-kitab Veda.
  2. Badan yang kotor harus dibersihkan dengan jalan mandi.
  3. Benda-benda yang kotor harus dibersihkan dengan air, api atau benda-benda pensuci lainnya.
  4. Perkataan yang kotor harus diganti, dan belajar berkata-kata yang baik, kata-kata halus dan budi bahasa yang baik.
     Mereka yang dalam keadaan suci seperti inilah yang dikatakan layak bersembah bakti pada Tuhan. Dengan kata lain ketentuan itu wajib sifatnya dan karena itu orang yang tidak memenuhi syarat doanya akan sia-sia saja, karena yang Maha Suci, Tuhan hanya terjangkau oleh sifat kesucian dan kebajikan manusia penyembahnya sendiri, sesuai menurut aturan yang telah ditentukan (Rg. Veda IX.73.6).

Definisi tentang Tuhan dijumpai dalam kitab Brahma Sūtra I.1.2 sebagai berikut.
“Janmādyasyayatah”
Terjemahannya.
“(Brahman adalah yang Maha Tahu dan penyebab yang Maha Kuasa) dari mana munculnya asal mula dan lain-lain, (yaitu pemeliharaan dan peleburan) dari (dunia ini)”.
       Kitab Brahma Sūtra merupakan sistematisasi dari pemikiran kitab-kitab Upanisad. Dalam Brahma Sūtra ditemukan nama-nama aliran pemikiran Vedānta. Bādarāyana, yang dianggap sebagai penyusun Brahma Sūtra atau Vedānta Sūtra, bukanlah satu-satunya orang yang mencoba mensistematisir gagasan filsafat yang terdapat dalam Upanisad, walaupun mungkin merupakan karya yang terakhir dan terbaik. Semua sekte di India sekarang ini menganggap karya beliau sebagai otoritas utama dan setiap sekte baru pastilah mulai dengan memberikan ulasan baru pada Brahma Sūtra ini – dan rasanya tak akan ada sekte yang dapat didirikan tanpa berbuat demikian (Vireśvarānanda, 2002 : 5).

C. Tujuan Ajaran Vibhuti Marga dan Tujuan Agama Hindu

Perenungan
“Bhadraṁ no api vātaya mano dakṣaṁ uta kratum,
adha te sakhye andhaso vi vo made raṇam gāvo na yavase vivaksaṣe.”
Terjemahannya.
“Berikanlah kami pikiran yang baik dan bahagia, berikanlah kami keterampilan dan pengetahuan. Maka semoga manusia dalam persahabatan-Mu merasa bahagia, ya Tuhan! seperti sapi di padang rumput. Engkau yang Mahaagung”(Rg Veda X. 25.1)


Memahami Teks
      Agama adalah kepercayaan hidup pada ajaran-ajaran suci yang diwahyukan oleh Ida Sang Hyang Widhi, yang kekal abadi. Tujuan agama Hindu adalah untuk mencapai kedamaian/kebahagiaan rohani dan kesejahteraan hidup jasmani umatnya. Tujuan agama Hindu ini sebagaimana dituliskan dalam berbagai pustaka suci Veda dengan sloka ”Moksartham jagadhita ya ca iti dharma”

D. Sloka-sloka Vibhuti Marga sebagai Tuntunan Hidup

Perenungan
“Yo dharta bhuvanam ya usranam apicya veda namani guhya, sa kavih kavya puru rupam dyairiva pusyati.”
Terjemahannya:
“Ia yang menjadi pendukung hidup, yang mengetahui nama-nama sinar pagi yang penuh rahasia.
Ia, penyanyi, pemelihara semua isi alam dengan kekuatan lagu-Nya, bahkan langit sekali pun” (Åg Veda VIII. 41-5).

Memahami Teks
        Penggambaran sifat-sifat mulia dan agung dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa melebihi dari segala yang ada, merupakan ajaran Vibhuti Marga yang dapat berfungsi sebagai tuntunan hidup guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagia umat sedharma.
Berbagai macam sloka berikut yang dikutip dari beberapa jenis kitab suci Veda dipercayai dapat mengilhami umat sedharma mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan hidup.
”Ucchantì yā kṛṇoṣi mamhanā mahi prakhyai devi ṡvar ddaṡe
tasyate ratnabhaja imahe vayaṁ syāma mātur na sūnavaá”
Terjemahannya:
”Engkaulah, dewi, fajar merekah, dengan kemuliaan-Mu bumi ini tampak dan kami dapat melihat langit, Engkaulah, yang membagikan batu permata, kami panjatkan doa kepada-Mu semoga kami bagi-Mu bagaikan seorang anak (yang cinta) kepada ibunya”
(Ag Veda VII. 81. 4).
“Viṡvāni deva savitar duritāni parā suva, yad bhadraṁ tanna ā suva”
Terjemahannya:
“Ya Savita (Tuhan Yang Maha Cemerlang), jauhkanlah segala kejahatan,
anugrahkanlah segala kebajikan kepada kami” (Ag Veda V. 82. 5)’.
“Ã viṡvadevaṁ satpatiṁ sūktairadya vṛnimahe, satyasavam savitāram”
Terjemahannya:
“Dengan lagu pujian kami pilih seluruh dewata,
Dewa tertinggi untuk kebaikan, Savitar, yang hukumnya selalu benar” (Ag Veda V. 82. 7)
“vṛhatsumnaá prasavitā niveṡano jagataá sthāturubhayasya yo vaṡi sa no devaá savitā ṡarma yaccha
tvasme kṣayāya trivarutham aṁhasaá.”
Terjemahannya:
“Tuhan yang Mahapengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkannya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak. Semoga Ia Savitar, memberikan rakhmat-Nya kepada kami. Untuk ketentraman hidup, dengan kemampuan melawan kekuatan jahat.”
(Ag Veda IV. 53. 6)

         Dewa Surya disebut dengan sebutan Savita atau Savitar adalah sebagai dewa pencipta kehidupan yang ada di alam semesta, Maha Agung dan Mahakasih sebagai sumber kebajikan dan keindahan serta kebenaran. Pada dewa inilah semua makhluk berlindung beserta memohon agar dewa ini dapat memberikan ketentraman hidup dengan kekuatan untuk mampu melawan kejahatan.
Penggambaran sifat-sifat mulia dan agung dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dapat dilakukan dengan berbagai macam simbol. Penggambaran tentang Tuhan Yang Maha Esa dilakukan untuk mempermudah umat memahami tentang sifat-sifat Tuhan yang maha.

Uji Kompetensi
Setelah mempelajari materi pembelaran 2 diatas, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini pada kertas double polio / sesuai permintaan gurumu kemudian dikumpulkan.
Pertanyaan:
  1. Apakah yang dimaksud dengan Vibhuti Marga? Jelaskanlah!
  2. Galilah konsep ajaran Vibhuti Marga yang ada pada berbagai jenis sumber buku yang pernah dibaca. Tuliskanlah dan pahamilah konsep-konsep yang dimaksud, selanjutnya tuangkan karyamu masing-masing dalam portopolio.
  3. Dengan cara bagaimana ajaran Vibhuti Marga dapat dilaksanakan? Jelaskanlah!
  4. Bagaimana pelaksanaan ajaran Vibhuti Marga yang ada di sekitar lingkungan kamu?
  5. Menurut kamu sejak kapan sebaiknya ajaran Vibhuti Marga dilaksanakan oleh umat Hindu? Sebelumnya diskusikanlah dengan orangtuamu di rumah dan teman-temanmu di sekolah.
  6. Apakah tujuan ajaran Vibhuti Marga?
  7. Apakah tujuan agama Hindu?
  8. Bagaimana hubungan tujuan ajaran Vibhuti Marga dengan tujuan agama Hindu? Sebelumnya diskusikanlah dengan orangtuamu di rumah dan teman - temanmu di sekolah!
  9. Mengapa kita perlu menggambarkan perwujudan Tuhan?
  10. Temukanlah bait-bait sloka yang menggambarkan tentang Tuhan dari berbagai sumber yang diketahui!
Jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat dan jelas. Kamu dapat mencari jawaban dari sumber lain seperti Buku Paket dan buku penunjang lainnya.

8 comments for "Vibhuti Marga - Diktat Pembelajaran 2 Agama Hindu SMK Kelas XI Semester genap"

  1. No.3 Dengan cara meditasi
    4 Dengan cara melaksanakan puja
    Tri sandy pada saat sembahyang
    5. Sejak kecil
    6. Tujuan vibhuti marga adalah
    Penghayatan pikiran terhadap
    Kemuliaan ida sang hyang widhi
    Wasa sebagai simbol, keindahan, kemuliaan jiwa, kebenaran, kebaikan,kebahagiaan
    7. Tujuan agama hindu adalah untuk mencapai kedamaian atau kebahagiaan rohani dan kesejahteraan hidup jasmani

    ReplyDelete
  2. 3. Dengan cara meditasi
    4. Dengan cara melaksanakan puja tri
    sandya pada saat semvahyang
    5. Sejak kecil/TK
    6. Tujuan vibhuti marga adalah
    penghayatanpikiran terhadap
    kemuliaan ida sang hyang widhi
    wasa sebagai simbul keindahan
    ,kemuliaan
    jiwa,kebenaran,kebaikan,kebahagiaan
    7. Tujuan agama hindu adalah untuk
    mencapai kedamaian atau
    kebahagiaan rohani dan
    kesejahteraan hidup jasmani

    ReplyDelete
  3. Saya I Putu Suardika(XI P1)dari SMK Teknologi Wirabhakti Denpasar
    (3)
    1.Ajaran Bhakti Marga(yoga)=jalan melalui wujud kasih sayang kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2.Ajaran Jnana Marga(yoga)=jalan yang dicapai melalui pengetahuan tentang Tuhan Yang Maha Esa.
    3.Ajaran Vibhuti Marga(yoga)=jalan penghayatan terhadap kebesaran dan kemuliaan Tuhan Yang Maha Esa.
    4.Ajaran Karma Marga(yoga)=jalan pelayanan yang membawa pencapaian menuju Tuhan melalui kerja tanpa pamrih.
    5.Ajaran Raja Marga(yoga)=jalan menuju Tuhan melalui pengekangan diri,pengendalian diri,dan pengendalian pikiran.
    (4)Berjalan dengan baik,karena sudah dapat melaksanakan kewajiban keagamaan sehari-hari(tri sandhya)maupun hari-hari tertentu(Purnama,Tilem dll)dengan baik.
    (5)Sejak dini,karena agar dapat mempelajari lebih dalam penghayatan terhadap kebenaran dan kemuliaan Tuhan untuk mencapai kebahagiaan rohani dan jasmani.
    (6)Untuk dapat memahami,mengerti,dan menghayati kebesaran dan kemuliaan Tuhan Yang Maha Esa.
    (7)Untuk mencapai kedamaian/kebahagiaan rohani dan kesejahteraan hidup jasmani umatnya.

    ReplyDelete
  4. 3. Ajaran vibhukti marga dapat dilaksanakan dengan cara:
    -ajaran bhakti marga (yoga)bhakti marga merupakan kasih sayang yang mendalam kepada tuhan yang maha esa,yang merupakan jalan kepatuhan atau bhakti
    -ajaran jnana marga : merupakan jalan pengetahuan.tujuan hidup tertinggi manusia berupa penyatuan diri dengan tuhan dicapai melalui pengetahuan tentang brahman
    -ajaran vibuhti marga :merupakan jalan penghayatan terhadap kebesaran dan kemuliaan ida sang hyang widhi wasa.
    -ajaran karma marga :pelayanan yg membawa pencapaian menuju tuhan melalui kerja tanpa pamrih.
    -ajaran raja marga : melalui pengekangan diri,pengendalian diri,dan pengendalian pikiran.
    4.ajaran vibhuti marga yg ada disekitar saya : sudah berjalan dengan baik,misal saat purnama,tilem umat mausia sudah mulai mendekatkan diri dengan tuhan misal melalukan persembahyangan di pura dadia,merajan,dlnya
    5.menurut saya ajaran vibhuti dilaksanakan sejak dini,agar dapat mempelajari lebih dalam penghayatan terhadap kebenaran dan kemuliaan tuhan agar dpt mencapai kedamaian atau kebahagiaan rohani
    6.tujuan ajaran vibhuti adalah penghayatan thd kebesaran dan kemuliaan ida sang hyang widhi dengan berbagai sinarnya sbg simbol keindahan,kemuliaan jiwa,kebenaran rta,melalui jln spritual untuk menghujutkan kesejahteraan umatnya
    7.tujuan agama hindu adalah untuk mencapai kedamaian/kebahagiaan rohani dan kesejahteraan hidup hubungan saling berkaitan,karena tujuan ajaran vibhuti dan tujuan ajaran agama hindu adlah sama sama mewujudkan kedamaian/kebahagiaan rohani.

    ReplyDelete
  5. 3.ajaran vibukti dpt dilaksanakan dengan cara :-ajaran bhakti marga:merupakan jalan kepatuhan atau bhakti
    -ajaran jnana marga merupakan jalan pengetahuan
    -ajaran vibukti marga merupakan jalan penghayatan thd kebesaran tuhan
    -ajaran karma marga : pelayanan yang membawa pencapaian menuju tuhan melalui kerja tanpa pamrih
    -ajaran raja marga :jalan yg membawa penyatuan dgn tuhan
    4.pelaksanaan ajaran vibhukti marga di sekitar saya sudah berjalan dengan Baik,misal pd saat purnama dan tilem umat sdh mulai mendekatkan diri dgn tuhan dgn cara melakukan persembahyangan ke pura dadia.
    5.menurut saya ajaran vibukti marga dilaksanakan sejak dini,agar dapat mempelajari lebih dalam penghayatan thd kebenaran dan kemuliaan tuhan.
    6tujuan ajaran vibhukti marga adalah penghayatan thd kebesaran dan kemuliaan ida sang hyang widhi melalui jln spritual untuk menghujutkan kesejahteraan
    7. Tujuan agama hindu adalah untuk mencapai kedamaian,kebahagiaan rohanidan kesejahteraan hidup.

    ReplyDelete
  6. 3. Dengan cara melakukan ajaran bhakti marga (yoga),ajaran jnana marga (yoga),ajaran vibhuti marga (yoga),ajaran karma marga (yoga),dan ajaran raja marga (yoga).
    4.Sudah berjalan dengan baik misalnya pada saat purnama tilem umat hindu sudah mulai mendekatkan diri dengan tuhan misalnya melakukan persembahyangan di pura" dadia,di merajan dan pura pura yang lainnya
    5.sejak dini,karena agar dapat mempelajari lebih dalam penghayatan terhadap kebenaran dan kemuliaan tuhan agar dapat mencapai kedamaian atau kebahagiaan rohani dan kesejahteraan hidup jasmani
    6.tujuan ajaran vibhuti marga adalah penghayatan terhadap kebesaran dan kemuliaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan berbagai sinarnya sebagai simbol keindahan,kemuliaan jiwa,kebenaran Rta,kebaikan,kebahagiaan,kekekalan,melalui jalan spiritual (pemikiran) untuk mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan umatnya
    7.tujuan agama hindu adalah untuk mencapai kedamaian /kebahagiaan rohani dan kesejahteraan dan kebahagiaan umatnya

    Nama:pande arik swandewi
    No:35
    Kelas:11 AP 1

    ReplyDelete
  7. Nama :ni kadek triani
    Kelas:xlap1
    No : 23

    Jawaban :
    3.ajaran vibukti marga dpt dilaksanakan dengan cara :
    -ajaran bhakti marga :jalan kepatuhan atau bhakti
    -ajaran jnana marga : jalan pengetahuan
    -ajaran vibhukti marga : jalan prnggayatan thd kebesaran dan kemuliaan hyng widhi
    -ajaran karma marga : jalan pelayanan melalui kerja tanpa pamrih
    -ajaran raja marga : penyatuan dengan tuhan melalui pengekangan diri,pengendalian diri.
    4. Pelaksanaan vibukti marga di sekitar saya sudah berjalan baik,misal pd saat purnama-tilem umat manusia sdh mulai mendekatkan diri kpd tuhan dengan cara melakukan persembahyangan di pura pura dadia.
    5.menurut saya ajaran vibuti marga dilaksanakan sejak dini agar dpt mempelajari lebih dlm prnghayatan thd kebenaran dan kemuliaan tuhan agar dpt mencapai kedamaian atau kebahagiaan rohani
    6. Tujuan ajaran vibhuti marga adlah penghayatan thd kebesaran dan kemuliaan sang hyng widhi sbg simbol keindahan,kemuliaan
    7. Tujuan agama hindu adalah untuk mencapai kedamaian kebahagiaan rohani.

    ReplyDelete